Hal yang Perlu Anda Ketahui Seputar Asuransi Kesehatan Berbasis Syariah

asuransi kesehatan syariah

Asuransi syariah bukanlah hal baru di Indonesia, salah satu produknya adalah asuransi kesehatan syariah. Asuransi berbasis syariah banyak dipilih karena dianggap memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan asuransi konvensional. Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui tentang asuransi syariah ini, berikut pembahasannya.

·         Apa itu asuransi syariah?
Asuransi syariah merupakan salah satu jenis asuransi yang penerapannya berdasarkan pada prinsip syariah, yakni usaha tolong menolong (Ta’wuni) dan saling melindungi (takafuli) antar peserta dengan membentuk kumpulan dana (tabarru). Kemudian dana tersebut akan dikelola dengan prinsip-prinsip syariah.

·         Hukum asuransi syariah
Hukum asuransi kesehatan syariah adalah halal karena tidak mengandung riba, perjudian (qimar), dan unsur ketidakpastian (gharar). Untuk menjamin sebuah asuransi kesehatan tetap menerapkan hal tersebut, perusahaan asuransi syariah diawasi secara ketat oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

·         Manfaat asuransi syariah
Secara umum, asuransi kesehatan berbasis syariah memiliki keuntungan yang sama dalam menjamin biaya pengobatan nasabah. Namun, ada beberapa manfaat lebih yang ditawarkan asuransi syariah ini, antara lain adalah sebagai berikut.

1.      Premi yang dibayarkan menjadi harta abadi
Manfaat pertama yang bisa didapat dari asuransi syariah adalah premi yang Anda bayarkan merupakan bentuk infak karena selain digunakan untuk jaminan kesehatan, dana yang Anda keluarkan tiap bulannya juga digunakan untuk membantu orang lain. Seperti yang diketahui, bahwa infak dan sedekah bisa menjadi tabungan untuk hari akhir dan pahala yang terus mengalir.

2.      Sistem bagi untung
Bagi yang pernah membeli asuransi syariah pasti tidak asing dengan sistem ini. Asuransi syariah memegang prinsip menguntungkan bagi semua nasabah dan tidak mengenal istilah rugi. Ketika premi Anda sudah jatuh tempo, pihak asuransi akan memberikan pokok premi beserta keuntungan sesuai dengan nilai yang telah disepakati sebelumnya.

3.      Keterbukaan
Kelebihan utama dari asuransi syariah adalah transparansi pengelolaan dana. Hal ini bertujuan agar tidak ada nasabah yang merasa dirugikan dengan sistem pembagian hasil dan menghindari pengelolaan dana yang tidak sesuai dengan syariat Islam.

Demikianlah beberapa hal tentang asuransi kesehatan syariah yang mungkin bisa bermanfaat bagi Anda. Salah satu produk asuransi kesehatan berbasis syariah adalah Allisya Care dari Allianz. Asuransi ini memberikan perlindungan kesehatan perorangan dan keluarga yang lengkap, mulai dari rawat jalan, rawat inap, perawatan gigi, hingga persalinan.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Label

Recent Posts

Label Cloud