Ciri-Ciri Bayi yang Mengalami Alergi Susu Formula

Bayi membutuhkan nutrisi yang cukup agar bisa mendapatkan tumbuh kembang terbaik. Anda perlu memberikan asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhan bayi. Salah satunya bisa dengan memberikan bayi susu formula. Ada juga bayi yang mengalami alergi susu sapi. Anda bisa memberikan susu formula dari kedelai sebagai solusinya. Saat melakukan cek alergi, berikut ini biasanya ciri-ciri alergi yang akan diketahui. 


1. Gatal-Gatal, Bintik, dan Ruam
Bayi bisa mengalami gatal-gatal pada kulit. Reaksi gatal ini meningkat ketika Anda selesai memberikan susu. Biasanya terlihat seperti gatal-gatal biang keringat biasa. Lama-lama semakin memerah dan menyebabkan ruam. Anda yang sudah melihat bayi mengalami masalah ini harus segera mencari solusi untuk mencegah terjadinya risiko lain. 

Masalah kulit ini merupakan ciri reaksi cepat dari alergi yang dialami bayi. Berlangsungnya tidak sampai satu jam setelah minum susu. Anda yang melihat hal ini harus segera mengambil tindakan cepat dengan menghentikan pemberian susu tersebut pada bayi. Segera ganti susu lain yang kandungannya berbeda dari susu sapi.

2. Adanya Masalah di Sekitar Mulut dan Bibir
Ketika bayi mengalami alergi yang disebabkan oleh susunya, maka akan terlihat di bagian sekitar mulut dan bibir terjadi masalah. Bayi akan merasakan sensasi sengatan dan juga adanya sejenis ruam di area tersebut. Bayi seperti mengalami gejala panas dalam yang semakin parah jika terus mengonsumsi susu tersebut. 

3. Batuk dan Sesak Napas
Saat diberikan susu dan tidak cocok untuk bayi maka bisa jadi adalah petanda bayi alergi dengan susu tersebut. Anda bisa melihatnya dengan mencoba tidak memberikan susu tersebut beberapa hari. Jika batuk mereda berarti benar susu tersebut tidak cocok untuk bayi. 

Bahkan batuk yang dialami karena alergi bisa membuat bayi menjadi sesak napas jika tidak segera diatasi. Gangguan pernapasan yang dialami bayi karena alergi juga dapat berupa bersin-bersin, gatal pada hidung dan mata, serta mata yang memerah. 

4. Gangguan Pencernaan
Alergi susu sapi pada bayi juga terlihat dengan ciri-ciri adanya gangguan pencernaan. Bayi akan mengalami kembung setelah minum susu dan itu berlangsung terus-menerus. Ada masanya pula bayi akan mengalami keram pada bagian perut yang membuatnya menjadi rewel. 

Lebih buruk lagi masalah pencernaan ini membuat bayi mengalami mual dan muntah. Biasanya reaksi muntah dan diare ini terjadi setelah satu hari minum susu formula tersebut. Reaksi ini dikatakan reaksi sedang karena memerlukan waktu lebih lama untuk mengetahuinya. 

5. Flu
Beberapa bayi bisa saja mengalami flu dan membuatnya tidak berhenti menangis. Masalah ini terjadi karena adanya anafilaksis. Respon tubuh bayi yang membuatnya mengalami penyempitan pernapasan karena alergi. Anda tidak boleh mengabaikan ciri-ciri ini yang terjadi setiap kali minum susu karena risikonya akan besar untuk bayi. 

6. Susah Buang Air Besar
 Ciri lainnya yang akan dialami bayi adalah susah buang air besar. Tinjanya akan keras dan berwarna cokelat ini akan membuat bayi mengalami sakit di bagian anusnya. Reaksi ini lambat terlihat atau lambat diketahui sebagai ciri alergi karena susu sapi. Anda bisa mengetahuinya jika sudah berlangsung lebih dari 3 hari. Jangan abaikan masalah ini karena bisa berisiko buruk. 

Anda perlu cepat saat melihat adanya ciri-ciri alergi susu sapi yang dialami bayi. Jangan diabaikan dan dianggap sepele karena bisa berisiko fatal untuk kulit bayi. Anda masih bingung dan butuh informasi seputar alergi bisa mengunjungi website cekalergi.com. Berbagai informasi bisa dilihat dengan mudah dan cepat sesuai kebutuhan Anda.  
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Label

Recent Posts

Label Cloud