Dua Cara Hemat Belanja Bulan Puasa

Tidak terasa hanya sisa seminggu lebih saja lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadhan bagi semua umat muslim yang menjalankannya. Bulan suci ramadhan ini menjadi bulan yang spesial untuk semua umat muslim karena pada bulan tersebut kita akan bisa beribadah puasa dan shalat tarawih dalam sebulan penuh. Momen bulan puasa sendiri menjadi momen yang sakral untuk aku pribadi karena selain memang bulan untuk beribadah momen bulan puasa ini juga memiliki banyak kenangan spesial dari mulai puasa saat sekolah, puasa saat di asrama kuliah dan juga momen bangunin orang sahur dan tarawih bareng teman teman saat beberapa tahun dulu. Namun momen momen tarawih barang dan bangunin orang sahur saat ini menurutku sudah sangat langka. Apalagi setelah gadget dan internet makin menguasai pergaulan saat ini orang dan khususnya anak anak dan remaja lebih memilih asyk bermain sosial media dan bermain game online daripada bertemu teman teman dikehidupan nyata. 

Grosir Terigu Murah
Terigu - Bahan Pokok
Waduh jadi ngelindur neh akunya, padahal niat postingan kali ini ingin berbagi tips hemat saat bulan puasa. Baiklah kita kembali ke topik saja ya! Seperti yang kalian ketahui atau kalian alami juga entah kenapa pada saat bulan puasa apalagi menjelang hari raya idul fitri itu aku merasa malah lebih boros daripada hari biasanya. Padahal kan secara logika pada saat berpuasa itu kita hanya makan pada saat sahur dan buka puasa saja kan dibanding pada hari biasa yang bisa makan minum kapan saja yang otomatis bisa mengeluarkan uang untuk beli makanan kapan saja.

Memang sih ada beberapa alasan yang bisa menyebabkan pengeluaran kita pada saat bulan puasa lebih besar daripada hari biasanya seperti harga bahan pokok yang terkadang ada beberapa yang biasanya harganya lebih mahal daripada harga jika kita membeli dihari biasa . Selain itu juga faktor belanja saat lapar bisa menyebabkan kalian lebih boros, pada bulan ramadhan saat ngabuburit sambil mencari makanan untuk berbuka kalian akan sangat rentan dengan yang namanya “lapar mata” sehingga kalian membeli makanan dan minuman yang sangat banyak padahal makanan minuman tersebut tidak bisa kalian habiskan karena kalian sudah kekenyangan.

Tips Cara Hemat Belanja Saat Bulan Puasa


Cara Pertama untuk lebih hemat saat belanja bulan puasa ialah cari diskon atau potongan harga yang biasanya marak diadakan penjual pada saat bulan ramadhan terutama diskon diskon seperti ini sering ada di toko toko online. Memang item atau produk diskonan tidaklah banyak namun tidak ada salahnya kan kalian mencoba mencarinya di toko online lebih dahulu barangkali ada diskonan .

Cara Kedua untuk lebih hemat berbelanja di bulan ramadhan ialah kalian harus berbelanja kepasar sebelum bulan puasa tiba. Karena seperti yang sudah aku sempat bilang diatas tadi kalau kita belanjanya pada saat bulan puasa terkadang barang yang kita beli itu harganya dinaikan oleh para penjual di pasar terutama barang kebutuhan pokok. Nah kalian bisa mensiasatinya dengan belanja barang barang atau keperluan selama satu bulan puasa itu dalam jumlah yang banyak (grosiran) jadi kalian sudah mencukupi kebutuhan kalian selama satu bulan puasa untuk berbuka dan bersahur.

Misal kalian bisa membeli Mie, Sarden, Telur, Gula , Grosir Terigu Murah dan beberapa keperluan pokok lainnya yang tidak mudah basi tersebut dalam jumlah banyak seminggu sebelum bulan puasa atau kalian bisa beli dari sekarang, mumpung bulan puasa masih seminggu lebih kan.

Oh iya selain itu yang terpenting perbanyaklah beribadah dan berbuat baik serta jangan lupa menyiapkan zakat ya teman teman semua. 

Semoga bermanfaat!
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Label

Recent Posts

Label Cloud