Tips Gunakan Jasa Arsitek

Jasa Arsitek Rumah Sejasa

Jika Anda ingin membangun rumah, selain jasa tukang bangunan yang Anda butuhkan, ada satu unsur yang tak kalah penting untuk membantu Anda dalam membangun. Tentu saja, arsitek berperan sangat penting saat perencanaan awal dalam pembangunan sebuah rumah. Mulai dari mendesain rumah, memilih bahan bangunan, dan juga membantu untuk menghitung anggaran bangunan tersebut. Karena itu, jangan sampai salah dalam memilih jasa arsitek. Gunakan jasa arsitek yang sudah terpercaya dengan baik. Karena pasti, jika Anda salah memilih arsitek, rumah yang selama ini menjadi impian Anda bisa tidak terwujud dengan baik. Kami akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda ikuti atau ketahui sebelum menggunakan jasa arsitek untuk membangun rumah.

Biaya
Banyak orang yang ragu untuk menggunakan jasa arsitek karena khawatir harganya yang sangat mahal. Padahal, ada beberapa dasar perhitungan untuk pembayaran tarif dari seorang arsitek, yaitu dari jam konsultasi, jenis bangunan, luas bangunan dan persenan dari biaya yang digunakan untuk membangun rumah itu sendiri. Lebih jelasnya, Anda bisa langsung menghubungi asosiasi terdekat dari arsitek di tempat tinggal Anda.

Asosiasi Arsitek
Perlu Anda ketahui, bahwa arsitek memiliki asosiasi yang resmi. Akan sangat jauh lebih baik jika Anda menggunakan jasa arsitek dari asosiasi resmi ini. Hal ini karena tarif yang diberikan akan lebih transparan berdasarkan kesepakatan asosiasi tersebut dan tidak akan dibuat jadi lebih mahal. Selain itu, jika ternyata pada saat pengerjaan ada masalah, asosiasi tersebut juga akan membantu Anda untuk mencari jalan keluar bersama.

Perjanjian
Seorang arsitek yang jasanya Anda sewa, pada awal sebelum pembangunan akan memberikan rancangan awal yang sudah dibikinnya. Tentunya, sebagai pemilik rumah, Anda juga berperan dalam pembuatan desain tersebut. Komunikasikan dengan baik kepada arsitek rumah seperti apa yang Anda inginkan. Maka arsitek tersebut akan membantu Anda untuk mewujudkannya sesuai dengan keadaan. Ke depannya juga Anda mungkin saja masih bisa untuk melakukan revisi, buatlah perjanjian terlebih dahulu di awal mengenai revisi ini sendiri.

Selain itu, perhatikan juga kontrak kerja yang dibuat, perhatikan setiap detailnya. Jangan sampai di tengah jalan terjadi pelanggaran kontrak kerja yang berujung pada masalah yang mengganggu pembangunan rumah Anda.

Cari Kontraktor
Anda tidak perlu khawatir mengenai masalah kontraktor jika sebelumnya Anda tidak mempunyai jasa kontraktor yang sering digunakan. Karena seorang arsitek biasanya juga mempunyai koneksi dengan kontraktor sehingga dapat membantu Anda. Tapi, Anda juga bisa menggunakan jasa kontraktor lain yang menurut Anda jauh lebih terpercaya. Perhatikan rekam jejaknya dengan baik.

Waktu Pembangunan
Selama proses pembangunan, Anda juga harus rajin untuk mengecek ke dalam proyek pembangunan rumah Anda itu sendiri. Jangan pernah gengsi untuk memulai membangun hubungan yang baik dengan arsiteknya atau dengan para tukang. Selain mereka akan bekerja dengan senang dan terawasi dengan baik, Anda juga mempunyai koneksi untuk perihal bangun rumah. Mungkin saja ini akan membantu Anda ke depannya jika suatu saat membutuhkan jasa tukang bangunan lagi.

Retensi
Pada umumnya, masa retensi adalah sekitar tiga sampai dengan dua belas bulan. Hal ini tergantung bagaimana kesepakatan awal pada saat kontrak ditanda tangani. Karena itu, penting untuk Anda membaca kontrak dengan baik. Masa retensi adalah garansi yang diberikan oleh arsitek apabila dalam jangka waktu tertentu ditemukan kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan sang arsitek pada saat pembangunan. Biasanya garansi ini mencakup kasus seperti atap bocor, tembok yang retak, dan lain-lain.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Label

Recent Posts

Label Cloud